Jumat, 28 Desember 2012 | By: e_yanuarto

Klappertaart Perdana


Terdengar begitu asing ketika salah satu rekan kantor saya menyebutnya. Dan realitanya, saya memang belum pernah ketemu dengan mahluk yang satu ini. Dari namanya bisa saya tebak kalo Klappertaart itu sejenis makanan. Hanya saja, makanan yang seperti apa dan terbuat dari bahan apaan, itu yang belum tertebak. Tak sedikit yang menduga kalau makanan ini berasal dari luar negeri, termasuk saya (diluar sana memang ada si..). Ternyata saya salah. Ya! Salah besar, karena makanan ini sejenis kue yang berasal dari Manado – Sulawesi Utara. Klappertaart di Indonesia memang dikenal sebagai kuekhas Manado.


Klappertart (panggang)

Nama yang cukup unik untuk sebuah penganan khas Indonesia, iya kan?? Nama klappertaart itu sendiri berasal dari Bahasa Belanda yang berarti "kue kelapa", dinamakan seperti itu karena makanan ini muncul saat zaman penjajahan Belanda. Kue yang dibuat dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega, dan telur serta dilengkapi dengan taburan kismis dan kenari diatasnya.

Ada beberapa macam cara memasak klappertaart. Bila dipanggang dan menggunakan roti, maka akan menghasilkan klappertaart dalam bentuk yang padat, bisa dipotong layaknya kue taart pada umumnya. Tetapi ada juga cara memasak yang tidak panggang. Ini akan menghasilkan tekstur yang begitu lembut, seperti memakan custard yang langsung meleleh begitu masuk ke mulut. Dan jenis inilah yang kemarin baru saya cicipi untuk pertama kalinya he.. Cuma kemarin saya modifikasi sedikit dengan menaburi meses. nyammiii…

Klappertaart modifikasi + brownies
Dari bahan-bahan yang digunakan sudah bisa diketahui kalau kue yang satu ini tinggi kalori. Jadi, bagi kalian yang sedang melangsungkan program diet harap hati-hati kalau tidak ingin programnya gatot alias gagal total. Tapi tenang saja, karena sekarang sudah ada solusinya. Klappertaart rendah kalori sudah banyak tersedia. Klappertaart jenis ini dibuat menggunakan bahan-bahan yang rendah kalori juga seperti lemak rendah kalori, susu kalsium tinggi dan pemanis rendah kalori sebagai campuran adonannya menggantikan susu dan gula yang pada umumnya digunakan. Sehingga aman disantap bagi mereka yang sedang diet namun ingin ici-icip kue yang lezat ini.

Selamat mencoba icip-icip...

2 komentar:

Anonim mengatakan...

klappertart itu ada bahan dasar nya rum mas kalo ga salah, mas makan kemaren itu? :p

e_yanuarto mengatakan...

Yaa, trma ksh attention-nya..
Memang ad yg pake rum, OKI saya tanya dulu sblm mkn. Dan yg kmrn sy makan gak pake rum. Yg bikin jg istrinya Asman sy, Muslim jg. Jd, insyaalloh aman :)

Posting Komentar